Pesona Batu Mulia yang Banyak Diburu oleh Para Kolektor Mancanegara!

Sumber fimela.com

Batu mulia atau yang lebih dikenal dengan nama batu akik dari dulu hingga sekarang masih menjadi primadona di kalangan pecinta batu akik. Banyak kolektor yang memburu beberapa jenis batu akik untuk dikoleksi. Batu akik memang mempunyai keindahan tersendiri yang bisa menghipnotis para pecintanya. Bahkan, sudah banyak para kolektor yang mengincar batu akik hingga ke seluruh daerah di Indonesia untuk dijadikan sebagai koleksi atau dijual kembali.

Bagi kalian yang mempunyai bisnis batu akik, ada baiknya jika mencari tahu dahulu dan mempunyai koleksi yang sedang diburu untuk saat ini. Ingin tahu jenis batu apa saja yang paling banyak diburu saat ini? Lihat saja ulasan yang telah kami siapkan di bawah ini. 

Bacan

Bacan
Sumber: fimela.com

Batu akik ini berasal dari pulau Halmahera, Maluku Utara. Batu bacan sangat diminati oleh kolektor dalam negeri bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut mengincar batu jenis ini. Batu ini mempunyai kelebihan yaitu, bisa bermetamorfosa dengan alami. Batu Bacan memiliki 2 jenis yang paling populer yaitu, jenis palamea dan doko.

Kalimaya

Kalimaya
Sumber: Shopee.co.id

Meski memiliki kekuatannya yang sedikit lembek, tapi Kalimaya merupakan salah satu batu akik yang paling banyak dicari. Batu kalimaya mempunyai ciri yang bisa memancarkan warna. Jenis batu akik kalimaya dapat ditemukan di negara seperti Mesir, Meksiko, Australia dan India. Sedangkan untuk di negara Indonesia, bisa kalian cari di tanah Banten.

Safir
 
Safir
Sumber: Permatastar.com

Batu safir tergolong sebagai batu permata yang cukup mahal dan memiliki segmen pasar sendiri. Batu safir mempunyai warna cukup dikagumi dan dianggap ada khasiatnya untuk menenangkan pikiran atau jiwa yang sedang pusing, stres dan kalut.

Sungai Dareh

Sungai Dareh
Sumber: rumahulin.com

Batu akik sungai dareh berasal dari Solok Selatan, Sumatera Barat. Batu akik jenis ini juga pernah dipakai oleh pemimpin negara. Salah satunya yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Obama pun diperkirakan memakai batu akik jenis ini. Hal itu semakin menjadikan batu sungai dareh berkelas dan mahal.

Zamrud

Sumber: kaltim.tribunnews.com

Batu dengan warna khas hijau ini juga cukup dikenal di kalangan pecinta batu akik. Batu Zamrud sudah dikenal dari ribuan tahun lalu yang digunakan sebagai batu perhiasan. Batu Zamrud mempunyai tingkat kekerasan yang sama persis dengan Batu Bacan yaitu 7,5 skala mohs. Batu Zamrud cukup dihargai pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kedamaian serta kemakmuran. Jadi pantas saja jika batu ini dihargai cukup mahal.

Sulaiman

Sulaiman
Sumber: pinterest.com
Menurut cerita warga yang beredar, batu akik ini dinamakan batu akik Sulaiman karena Nabi Sulaiman AS pernah menggunakan batu ini. Hampir di seluruh daerah Indonesia dapat menemukan batu Sulaiman. Batu Akik Sulaiman paling banyak di incar oleh para kolektor pria , seperti jenis Daud, Madu, Combong, Wulung, Hijau, Biru, Emas, Pancawarna, Hitam, Derajat, Susu dan Kurung.

Kalimaya Black Opal

Kalimaya Black Opal
Sumber: pinterest.com

Walaupun kekuatannya agak lembek, jenis batu akik yang satu ini menjadi salah satu paling banyak diincar oleh para kolektor karena dapat memancarkan sebuah warna seperti berlian. Batu akik Kalimaya Black Opal sering disebut opal. Kamu bisa menemukan batu ini di luar negeri seperti negara Meksiko, Mesir, Australia dan India. Di Indonesia sendiri, black opal dapat ditemukan di Banten.

Nah, itulah beberapa jenis pesona batu permata atau batu akik yang sering diburu oleh para kolektor. Kita wajib bangga dengan kekayaan Indonesia, kenapa? karena sebagian besar batu mulia itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar