Hal Yang Dapat Terjadi Jika Kekurangan Vitamin C

 

VitaminC

Vitamin C sering kali dikenal karena memiliki khasiat dalam mencegah sariawan serta memiliki antioksidan yang kuat untuk membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kronis serta tekanan darah yang tinggi. Selain terdapat pada jeruk, vitamin C juga dapat ditemukan pada buah dan sayuran lainnya sedangkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut dapat juga mengkonsumsi suplemen contohnya Blackmores Vitamin C.

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Mikronutrien berperan untuk mencegah dari kekurangan zat besi, menurunkan kadar asam pada urat darah hingga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Vitamin C juga memiliki beberapa peran penting seperti, dapat menjadi antioksidan, meningkatkan penyerapan terhadap zat besi dari makanan, membantu proses pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, memproduksi kolagen, hingga merawat kesehatan pada gigi dan tulang.

Menjadi vitamin esensial sendiri vitamin C memiliki peranan yang penting untuk kesehatan tubuh. Contohnya pada wanita dewasa memerlukan 80 mg vitamin C harian, sedangkan untuk pria sendiri membutuhkan sekitar 90 hingga 100 mg. Manfaat lain jika memenuhi kebutuhan akan vitamin C yaitu sistem imun dapat terjaga, kemampuan berpikir dan daya ingat yang baik agar terhindar dari demensia. Sedangkan jika kekurangan vitamin C maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti:

1. Sariawan maupun gusi berdarah

Vitamin C dapat menjaga pembuluh darah agar tetap sehat serta berada pada kondisi yang baik agar dapat mencegah penggumpalan pada darah. Selain memiliki peran dalam menyembuhkan luka, kolagen dapat menjaga kesehatan gigi serta gusi. Penyakit gusi seperti gusi berdarah dapat dicegah dengan mengkonsumsi jeruk bali dalam waktu 2 minggu.

2. Kulit mudah memar dan juga mimisan

Kekurangan akan vitamin C akan dapat mengakibatkannya mudah memar serta mimisan. Memar terjadi akibat rusaknya pembuluh darah kecil yang berada dibawah kulit pecah atau rusak.

3. Rambut mudah rontok dan kering

Zat besi juga diperlukan dalam menguatkan rambut, maka dari itu vitamin C dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan pada zat besi. Kekurangan akan vitamin C memiliki dampak bagi kesehatan rambut yang diakibatkan oleh penyerapan pada zat besi yang kurang optimal.

4. Kulit berwarna kemerahan, kasar dan kering

Vitamin C adalah antioksidan yang memiliki peran dalam melindungi kulit agar terhindar radikal bebas dimana dapat merubah struktur pada protein maupun DNA.

5. Sering sakit

Vitamin C berperan penting untuk menjaga sistem untuk imun tubuh. Kekurangan akan vitamin C tersebut yang membuat sering sakit hingga dapat memperlambat proses dalam penyembuhan. Apabila kebutuhan vitamin C belum tercukupi melalui konsumsi buah serta sayuran maka dapat dibantu dengan mengkonsumsi suplemen Blackmores Vitamin C.

6. Luka akan sulit untuk sembuh

Apabila kaki maupun tangan terluka, maka kadar vitamin C yang terdapat pada darah serta jaringan yang terkena dampak akan berkurang. Karena tubuh membutuhkan vitamin C dalam memproduksi kolagen dimana memiliki peran untuk memperbaiki kulit maupun me-regenerasinya.

7. Mudah marah dan sering kelelahan

Pada sebuah penelitian dikatakan jika pria yang kekurangan vitamin C akan merasa mudah marah dan lelah. Maka dari itu untuk mengatasinya yaitu dengan memenuhi kebutuhan akan vitamin C dengan mengkonsumsi suplemen seperti Blackmores Vitamin C.


Posting Komentar

0 Komentar