Tips Memilih Furniture untuk Kamar Anak Estetik dan Menarik

Furniture Untuk Kamar Anak

https://www.pexels.com/photo/empty-bedroom-set-1648768/


Hasil studi komparasi dalam bentuk jurnal yang diterbitkan ums.ac.id menyebutkan bahwa elemen interior yang digunakan untuk dekorasi kamar anak, misalnya warna dan pola, sangat memengaruhi kualitas tidur, psikologi anak dan kesehatan fisik anak. Dari sini terlihat, dekorasi kamar anak bukan hanya soal fungsionalitas, tapi juga tentang menciptakan lingkungan yang estetik dan menarik yang akan merangsang kreativitas dan kenyamanan anak.

Pemilihan furniture yang tepat adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan ketika mendekorasi kamar anak. Di pasaran tersedia banyak furniture khusus anak berdasarkan model, warna, dan material yang digunakan. Kamu juga bisa memilih furniture yang bisa dirakit sendiri atau furniture custom sesuai ukuran kamar dan desain yang diinginkan. Terkait pembayaran ketika membeli furniture anak, penggunaan metode pembayaran digital seperti QRIS Gopay dinilai lebih aman di masa seperti saat ini.


7 Tips Memilih Furniture Kamar Anak yang Bikin Nyaman

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan furniture kamar anak? Tahukah, kamu, jika setiap orang tua pasti menginginkan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal, kan? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah dengan memilih furniture kamar yang bisa merangsang kreativitas sekaligus memberi kenyamanan beraktivitas dalam kamar. Jika pilihan yang tersedia di pasaran membuat kamu bingung memilih yang terbaik, coba ikuti tips berikut ini supaya lebih mudah.


1. Sesuaikan Tema atau Gaya Dekorasi Kamar

Sebelum kamu mulai belanja furniture secara online atau langsung datang ke toko, pertimbangkan tema atau gaya dekorasi yang akan kamu terapkan pada kamar anak. Kamu bisa membuat kamar anak tema karakter kartun, atau gaya dekorasi long lasting yang bisa dipakai sampai anak besar nanti.

Usahakan menyesuaikan tema kamar dengan tema furniture, misalnya karakter kartun yang sama. Hal ini bertujuan supaya anak tidak mudah lelah dengan dekorasi yang terlalu ramai dalam luasan ruang yang terbatas.
 

2. Pilih Warna Cerah dan Bersemangat
Dunia anak selalu melambangkan keceriaan dan kebebasan berekspresi. Kamu bisa menggunakan warna cerah dan bersemangat pada seluruh elemen dekorasi kamar anak, termasuk furniture. Warna-warna cerah akan merangsang kreativitas anak. Anak juga lebih bersemangat dan nyaman berada dalam kamarnya sendiri.

Jika masih bingung menentukan warna pilihan, kamu bisa menggunakan palet warna yang menampilkan komposisi, kombinasi dan gradasi warna yang bisa kamu terapkan pada furniture dan kamar anak. 


3. Prioritaskan Kualitas dan Keamanan

Keamanan selalu menjadi prioritas utama dalam pemilihan furniture anak. Pastikan bahwa semua furniture memenuhi stkamur keamanan yang berlaku, ketinggian kamar, pengamanan di bagian tertentu, misalnya sisi ranjang yang terbuka tanpa pagar pengaman. Periksa juga sudut-sudut tajam yang memiliki potensi bahaya melukai anak. Selain itu, pilih furniture yang terbuat dari material berkualitas tinggi yang tahan lama dan tidak mudah rusak.


4. Sesuaikan dengan Fungsi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kamar tidur leluasa dengan gerak dan aktivitas anak adalah memilih furniture fungsional. Hindari furniture dengan dekorasi berlebih tapi tidak sesuai fungsi. Kamu bisa memilih furniture kompak yang memadukan dua atau lebih fungsi dalam satu furniture. Misalnya tempat tidur yang memiliki lemari penyimpanan di bagian bawah atau meja rias yang juga bisa berfungsi sebagai meja belajar. Ranjang bunk bed juga bisa kamu pilih jika dua anak tidur dalam kamar yang sama. Kamar tidur akan terlihat leluasa, rapi, dan optimal.


5. Sesuaikan dengan Luasan Kamar

Sebelum belanja furniture, kamu harus memeriksa luasan kamar, tata letak furniture, dan menyesuaikan ukuran furniture yang akan dibeli. Hal ini sangat penting agar furniture bisa masuk ke dalam kamar dengan mudah dan tidak membuat kamar jadi terkesan sempit. Perbandingan skala antara luas kamar, ruang kosong untuk sirkulasi, dan furniture yang akan ditata di dalamnya harus menciptakan keseimbangan. 


6. Desain Sepanjang Masa

Anak-anak tumbuh dengan cepat dan kebutuhan kamar termasuk furniture yang dipakai akan berubah seiring berjalannya waktu. Pertimbang memilih furniture dengan desain sepanjang masa yang awet digunakan sampai anak remaja atau dewasa. Dengan cara ini kamu bisa menghemat dana belanja dan tidak terlalu sering mengubah atau membeli furniture kamar anak yang baru.  


7. Keterlibatan Anak
Merangsang tumbuh kembang anak bukan hanya memilih furniture kamar anak saja. Kamu bisa melibatkan anak dalam memilih furniture untuk kamar mereka sebagai rangsangan tumbuh kembang dan kreativitas berpikir. Ajak anak berdiskusi tentang warna atau desain furniture yang mereka sukai. Dengan cara ini, anak lebih bangga pada kamarnya sendiri dan memiliki kepercayaan diri karena bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Gunakan QRIS Gopay dari Digital Banking untuk Pembayaran Praktis
 

Qris Gopay
https://www.freepik.com/free-photo/person-scanning-qr-code_23714952.htm#query=qr%20payment&position=10&from_view=search&track=ais


Kini, metode pembayaran digital sudah semakin lengkap tersedia di bank digital. Kamu bisa menggunakan QRIS Gopay untuk pembayaran di merchant saat belanja aneka kebutuhan rumah tangga, termasuk furniture anak.

Metode pembayaran ini sangat mudah digunakan, tidak perlu membawa banyak uang tunai jadi lebih aman dan lebih higienis. Untuk aplikasi penyedia metode pembayaran ini, kamu bisa memilih digibank by DBS yang sudah dipercaya dan mendapat banyak penghargaan dari lembaga keuangan bergengsi.

QR Code pembayaran mulai diberlakukan pemerintah sejak tanggal 1 Januari 2020 sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid19. Metode pembayaran ini mendukung inovasi teknologi keuangan yang mengubah pola transaksi masyarakat menuju era digital. Melalui digibank by DBS, kamu bisa melakukan pembayaran digital yang praktis dengan banyak keunggulan, di antaranya adalah: 

  • Pembayaran sat-set pakai QRIS
  • Bunga tabungan tinggi di 20 dompet
  • Transaksi pembayaran praktis melalui 1 aplikasi


Nah, sekarang kamu bisa mulai merencanakan pembelian furniture kamar anak. Terapkan tips di atas agar mudah saat memilih furniture yang tepat. Kelola keuangan kamu melalui digital banking digibank by DBS agar bisa menggunakan QR code pembayaran saat bertransaksi. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan di sini.

Posting Komentar

0 Komentar