Konsultasi Kesehatan Mental Secara Online Untuk Hidup Lebih Positif


Beberapa hari lalu saat berseluncur di dunia maya, aku menemukan informasi menarik sebuah start up yang mungkin perlu untuk aku share di blogku ini mengenai kesehatan mental yang mana hal mengenai kesehatan mental di kala pandemi ini bisa saja menimpa kita semua tanpa disadari dan perlu ditangani lebih lanjut oleh bantuan profesional.


Kesehatan Mental Riliv

Riliv merupakan startup yang meluncurkan aplikasi dengan nama yang sama. Riliv adalah aplikasi meditasi dan konseling online untuk profesional kesehatan mental. Perilisan Riliv bertujuan untuk menyediakan perawatan kesehatan mental alternatif yang dikombinasikan dengan teknologi agar dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang.

Tujuannya agar seluruh rakyat Indonesia sehat mental. Terkadang persebaran psikolog yang terbatas dan tidak merata serta biaya pengobatan yang tidak terjangkau membuat sebagian besar orang Indonesia ragu untuk ke psikolog apalagi pandangan masyarakat Indonesia yang masih kurang tentang kesehatan mental. 

Tentang Kesehatan Mental

Kesehatan mental berhubungan dengan pikiran dan sifat manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental mengacu pada keadaan di mana pikiran dan kepribadian seseorang dalam keadaan normal, damai, dan tenang, di mana ia dapat melakukan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Untuk pemahaman yang lebih dalam, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Hal-hal ini tidak hanya membantu orang berpikir, merasa, dan bertindak, tetapi juga membantu mereka mengatasi stres, terhubung dengan orang lain, dan membuat keputusan yang tepat. 

Seseorang dengan kondisi mental yang buruk, di sisi lain, mengalami kesulitan mengendalikan emosi, stres, dan tidak dapat berpikir, merasakan, bertindak, dan membuat keputusan dengan cara yang benar. Padahal, orang yang bermental buruk cenderung memiliki hubungan yang buruk dengan orang-orang di sekitarnya atau menjauhkan diri dari kehidupan sosial.

Namun, CDC menekankan bahwa kesehatan mental yang buruk dan penyakit mental bukanlah hal yang sama. Orang tersebut mungkin memiliki kondisi mental yang buruk, tetapi tidak perlu didiagnosis dengan jenis gangguan mental tertentu. Di sisi lain, orang yang didiagnosis dengan penyakit mental mungkin mengalami periode mental, fisik dan sosial.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan komponen penting di semua tingkat kehidupan individu mulai dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa. Bahkan, sering dikatakan bahwa gangguan mental pada masa kanak-kanak dapat mempengaruhi perkembangan mental hingga dewasa. 

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki pikiran yang sehat sejak usia dini. Seseorang dengan pola pikir yang sehat dapat mengalami banyak manfaat dalam hidup contohnya seperti lebih mudah dalam mengatasi stres dan tantangan hidup dengan lebih baik. 

Seseorang juga akan merasakan sehat jasmani dan rohani. Anda juga dapat mengembangkan hubungan baik dengan orang lain, berkontribusi pada masyarakat, hingga akan lebih produktif dalam hidup dengan mengenali potensi mereka.

Seperti halnya kesehatan mental dan kesehatan fisik yang terkait erat. Orang dengan masalah kesehatan mental, terutama depresi, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah fisik di masa depan, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. 

Di sisi lain, kondisi fisik kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kehidupan.

Aplikasi Riliv

Mindfulness Meditation adalah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk bermeditasi dan mengelola ketenangan, kecemasan, kemarahan, stres, dll. Sedangkan fitur konseling merupakan fitur kuratif dengan tujuan membantu pengguna dilatih Himpunan Psikologi Indonesia yang telah berlisensi dan berpengalaman.

Riliv bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan bantuan berkaitan dengan kesehatan mental yang masih sering dianggap tabu. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan adanya Riliv yang bisa diunduh secara gratis di App Store atau di Play Store atau langsuk klik di sini https://riliv.co/




Posting Komentar

0 Komentar