5 Alasan Anda Harus Memilih Reksadana Pasar Uang

Reksadana


Masa pandemi yang hingga kini belum berakhir, membuat perekonomian menurun drastis. Hal ini menjadi penyebab banyaknya pelaku ekonomi yang gulung tikar. Perlahan masyarakat pun beralih mencari pendapatan tambahan, salah satu yang banyak diminati yaitu melakukan investasi reksadana pasar uang.

Mengingat risikonya yang minim serta mudah dilakukan, jenis investasi ini cocok untuk para pemula. Meskipun pada awalnya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Namun, Anda tidak perlu bingung, terdapat beberapa alasan yang harus dipahami, mengapa harus memilih reksadana pasar uang.

Sekilas Tentang Reksadana Pasar Uang

Untuk mencoba investasi reksadana, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu reksadana? Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang sasarannya masyarakat pemodal, baik kecil maupun besar. Cara investasi reksadana terbilang mudah dan praktis. 

Reksadana umumnya terdiri dari berbagai jenis, salah satunya reksadana pasar uang. Jenis reksadana yang fokus investasinya pada berbagai Instrumen pasar uang, mencakup deposito berjangka, SBI, sertifikat deposito, obligasi dengan jangka waktu di bawah 1 tahun dan sebagainya. 

Dalam reksadana pasar uang, dana investasi akan dikelola oleh MI atau Manajer Investasi. Pasar uang ini adalah efek yang jangka waktunya kurang dari 1 tahun seperti deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia, sertifikat deposito, obligasi perusahaan komersial, dan lain sebagainya.

Alasan Memilih Reksadana Pasar Uang

Banyak alasan untuk memilih reksadana pasar uang, salah satunya cara kerja reksadana pasar uang yang mudah. Untuk Anda yang belum mantap menentukan pilihan investasi, beberapa alasan ini patut untuk dipertimbangkan. 

1. Modal yang Terjangkau

Cara investasi reksadana pasar uang bisa dilakukan dengan modal yang terjangkau. Maksudnya, Anda tidak membutuhkan modal hingga jutaan rupiah, melainkan bisa bermodalkan Rp.100.000,- saja. Modal yang ramah ini, cocok untuk pemula yang memiliki modal terbatas. 

Umumnya, banyak yang berpikiran bahwa berinvestasi harus memiliki modal banyak. Hilangkan mindset tersebut, dengan seratus ribu rupiah pun Anda bisa memulai investasi. Selain itu, keuntungan reksadana pasar uang tidak akan bergantung pada nominal yang diinvestasikan. 

2. Potensi Keuntungan yang Menarik

Alasan lainnya yaitu karena reksadana pasar uang memiliki potensi lebih untuk mendapatkan keuntungan. Setiap investasi memang memiliki potensi keuntungan. Namun, untuk reksadana pasar uang potensi keuntungan yang dapat lebih tinggi dari bunga deposito

3. Likuiditas Tinggi dengan Tempo Waktu yang Fleksibel

Reksadana pasar uang salah satu bentuk investasi yang patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya, jenis investasi ini memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya, investasi dapat dijual kembali kapan saja.

Pencairan dapat dilakukan tanpa adanya potongan penalti dan semacamnya.

4. Kinerja yang Stabil

Alasan lainnya yaitu reksadana pasar uang memiliki kinerja yang stabil. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat kinerja produk untuk beberapa bulan terakhir. Peningkatan teratur yang ditunjukkan suatu grafik akan akan diketahui keuntungan yang dicapai. Umumya, reksadana bisa mencapai keuntungan yang lebih tinggi dari deposito. 

5. Bebas Pajak

Kabar baik lainnya untuk Anda yaitu reksadana pasar uang jenis investasi bebas pajak. Mengapa demikian? Keuntungan yang didapatkan berasal reksadana bukan merupakan objek pajak. Maka dari itu, keuntungan yang didapatkan tidak akan terpotong. 

Alasan yang satu ini menjadi salah satu hal yang amat penting untuk diperhatikan. Keuntungan tanpa kena pajak, tentunya akan lebih berlimpah dan memuaskan Anda. Dalam PPh, pasal 4 ayat 2 objek pajak dikenakan hingga 20%, jika Anda tidak perlu memotongnya, maka imbal hasil pun tidak akan berkurang.

Nah, itulah beberapa alasan yang patut dipertimbangkan oleh Anda. Jika Anda sudah menetapkan untuk berinvestasi melalui reksadana pasar uang, selanjutnya pilih brand atau produk yang tepat. Cara memilih reksadana pasar uang pun harus dilakukan dengan teliti dan cerdas.

Salah satu yang disarankan yaitu Reksadana melalui DBS Treasures. Beberapa benefit umum dari berinvestasi reksadana melalui DBS Treasures seperti halnya:

Investasi yang disediakan merupakan produk yang dikelola oleh para profesional. Manajer Investasi yang terkemuka akan mengelola investasi dengan baik serta memastikan kinerjanya optimal.

Selain itu, poin plus untuk Anda yang belum paham terkait investasi. Tim yang tersedia siap memandu dalam berinvestasi, sehingga investasi pun berjalan lancar.

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi reksadana pasar uang, pastikan bekali dengan wawasan terkait. Keuntungan yang diraih bergantung pada keseriusan Anda. Sebagaimana jenis reksadana lainnya, pada dasarnya reksadana pasar uang adalah investasi yang cukup aman. Hal ini dikarenakan perusahaan reksadana sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, tekadkan hati Anda, lalu lakukan dengan sungguh-sungguh. 


Selamat berinvestasi! 

Referensi:

https://raizinvest.id/blog/5-alasan-memilih-reksadana-pasar-uang-dibandingkan-deposito-khusus-untuk-investor-konservatif/#

https://www.most.co.id/tips-investasi/4-alasan-kenapa-investasi-reksadana-pasar-uang-lebih-untung-daripada-deposito

https://mikaylabinar.com/inilah-alasan-mengapa-kamu-harus-pilih-reksadana-pasar-uang/

https://mikaylabinar.com/inilah-alasan-mengapa-kamu-harus-pilih-reksadana-pasar-uang/

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2018-07-17/pengertian-reksadana-jenis-keuntungan-dan-risikonya


Posting Komentar

0 Komentar