Duel Panas Tinju 2019, Dipertahankan Atau Berpindah Tangan

Joshua vs Ruiz Jr. II

Akhir tahun 2019, penikmat tinju dunia akan disajikan duel megah antara 2 petinju kelas dunia. Mereka adalah Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr. Pertandingan kedua petinju tersebut akan memperebutkan gelar prestisius tinju kelas berat. Pertandingan ini juga bertajuk ulangan dari duel yang sama pada bulan Juni 2019 silam dimana kala itu Joshua berhasil dibungkam oleh Ruiz dengan TKO pada ronde ke-7. Pertanyaannya adalah apakah duel tinju kelas berat tersebut akan menjadi ajang Ruiz untuk mempertahankan gelar yang pernah direbutnya dari tangan Joshua ataukah Joshua akan kembali mengambil gelarnya tersebut sehingga kembali berpindah tangan kepadanya? Hasil yang menarik ditunggu.

Pertandingan ini juga merupakan ajang balas dendam dari Joshua. Pasalnya, peraih emas olimpiade 2002 tersebut telah menerima kekalahan pertamanya pada tahun 2019 yang dihasilkan dari pertandingan dengan Andy Ruiz Jr pada bulan Juni 2019 silam. Pada pertandingan tersebut, Ruiz berhasil mengalahkan Joshua dengan cara yang elegan yakni dengan TKO pada ronde ke-7. Hal tersebut sebenarnya membuat banyak pihak menjadi kaget. Anthony Joshua merupakan unggulan di pertandingan tersebut karena statusnya yang belum terkalahkan pada tahun 2019 tersebut. Rekor kemenangan sempurna tersebut menjadikan dirinya di atas angin. Meski begitu, penampilan yang memukau dari Ruiz berhasil membuat segala prediksi tersebut akhirnya gusar dan pada akhirnya Ruiz lah yang berhasil memenangkan pertandingan big match tersebut.

Kemenangan yang diperoleh oleh Andy Ruiz tersebut menjadikan dirinya sebagai juara dunia tinju kelas berat asal Meksiko pertama. Selain membuat rekor tersebut, dirinya menghancurkan rekor kemenangan Joshua yang sebelumnya memiliki rekor tidak pernah kalah hingga akhirnya bertemu dengan Ruiz. Andy Ruiz Jr yang menjadi pemenang pertandingan tersebut mendapatkan 4 gelar secara bersamaan. Ruiz memperoleh gelar tinju kelas karena berhasil mengalahkan Anthony Joshua.

Awalnya, Joshua tidak dijadwalkan bertanding dengan petinju asal Amerika Serikat yakni Andy Ruiz. Joshua awalnya dijadwalkan akan bertanding melawan petinju kelas berat lainnya yang memiliki beberapa gelar yaitu Jarrel Miller. Sayangnya, Miller terkendala oleh tes doping. Hasilnya justru Miller gagal melewati tes doping tersebut. Dirinya terbukti menggunakan obat doping. Hal tersebut membuat dirinya akhirnya gagal untuk bertarung melawan Joshua. Karena gagal melawar Miller, pihak dari Joshua sebenarnya menginginkan salah satu petinju ternama lainnya yaitu Luis Ortiz yang menjadi lawan Joshua. Akan tetapi, pihak Ortiz memutuskan hingga dua kali menolak tawaran tersebut sehingga akhirnya diputuskanlah lawan yang akan dihadapi oleh Joshua adalah Andy Ruiz Jr. Artinya sebenarnya Andy Ruiz bukanlah menjadi pilihan utama. Walau bukan pilihan utama, Ruiz tetap memberikan penampilan terbaiknya.

Ruiz ternyata mampu memberikan perlawanan yang sangat apik kepada pemegang rekor tak terkalahkan tersebut. Ruiz bahkan mampu menang melawan Joshua dengan cara yang elegan yakni TKO pada ronde ke-7. Meski menang, banyak yang beranggapan bahwa kemenangan Ruiz tersebut hanyalah keberuntungan belaka. Anggapan tersebut tidak begitu dipedulikan oleh Ruiz. Ruiz memperoleh gelar tinju kelas dunia yaitu WBA, IBF, WBO dan IBO. Dengan kemenangan tersebut juga, Ruiz juga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menantang juara dunia kelas berat WBC yang saat itu dipegang oleh sosok Deontay Wilder, seorang petinju kelas berat yang berasal dari Amerika Serikat. 

Pertandingan Joshua vs Ruiz Jr. II pada 7 Desember 2019 ini akan menjadi bukti pada siapa gelar tersebut akan bertuan. Akankah gelar tersebut akan tetap dipertahankan oleh Andy Ruiz Jr ataukah akan berpindah tangan kepada pemilik awalnya yaitu Anthony Joshua. Patut dinantikan hasil akhir dari duel penutup tahun 2019 di kelas berat tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar