Yang Harus Anda ketahui Tentang Kereta Lodaya


Lodaya Sendiri adalah salah satu rute kereta api yang dimiliki oleh PT. KAI. Rute yang memberikan layanan lintas Bandung Solo ini memang terbilang terbilang menarik untuk dibahas, walaupun jika dibandingkan dengan beberapa jenis kereta api lainnya, seperti KA Bima dan Gajayana, fasilitas yang diberikan oleh kereta api ini terbilang cukup standar. 

Asal nama 
Untuk Anda masyarakat Jawa Barat, pasti mengenal nama Lodaya. Nama kereta api ini sendiri mempunyai 2 buah asal usul. Asal usul yang pertama, berkaitan erat dengan cerita masyarakat Sunda, dimana terdapat tokoh macam Lodaya, yang merupakan penjelmaan dari Prabu Siliwangi, ketika berhadapan dengan Raden Kian Santang, yang tidak lain adalah anaknya. Sedangkan berdasarkan versi lainnya, nama ini sendiri berdasarkan singkatan dari 2 buah kota, yaitu Solo dan Bandung Raya.   

Berangkat pagi
Dibandingkan kereta api lainnya yang berangkat dari Bandung, kereta Lodaya ini mempunyai 2 kali keberangkatan, yaitu keberangkatan pagi yaitu jam 07.20 dari Stasiun Hall Bandung dan jam 18.55 untuk keberangkatan malam. Sedangkan dari Solo Balapan, untuk pagi akan berangkat pada pukul 07.10 dan untuk sore jam 19.10. Dengan menempuh jarak sekitar 447 KM dalam 1 kali perjalanan, dan dengan kecepatan rata-rata sekitar 60 hingga 100 km  jam, maka lama perjalanan dari Bandung ke Solo atau sebaliknya menjadi 8,5 hingga 9 jam.   

Sepanjang perjalanan, kereta api yang satu ini hanya akan berhenti di beberapa stasiun saja, antara lain Stasiun Hall Bandung (sebagai pemberhentian utama), stasiun Kiaracondong, Stasiun Cipeundeuy, stasiun tasikmalaya, Stasiun Banjar, stasiun Sidareja, stasiun Maos, stasiun Gombong, stasiun Kebumen, stasiun Kutoarjo, stasiun Wates, dan terakhir adalah stasiun Solo Balapan.    

Jenis kereta
Kereta Lodaya ini termasuk kereta campuran, yaitu terdapat 2 kelas didalamnya, kelas ekonomi dan kelas eksekutif. Dalam 1 rangkaian gerbong kereta, Anda akan menemukan 1 buah lokomotif, 1 buah kereta pembangkit, 4 buah gerbong kereta eksekutif (dengan masing-masing menampung 50 buah tempat duduk), 1 buah kereta makan pembangkit, dan 8 buah kereta api bisnis / ekonomi (dengan masing-masing berkapasitas 64 buah tempat duduk). 

Fasilitas kereta 
Seperti yang selintas dijelaskan di atas, dalam segi fasilitas kereta api yang satu ini terbilang kereta api umum. Walaupun demikian, jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, fasilitas dan layanan yang diberikan, sudah mengalami peningkatan, dan membuat masyarakat merasa semakin nyaman menggunakan kereta api tersebut. Untuk kelas ekonomi sendiri misalnya, kali ini Anda akan menemukan Kabin yang sudah ber-AC, TV di beberapa lokasi dan juga toilet yang nyaman. sedangkan pada masing-masing kursi, Anda akan menemukan stop kontak, dan juga meja kecil. 

Pada kelas eksekutif, selain beberapa fasilitas yang telah disebutkan di atas, tentunya setiap penumpang akan mempunyai fasilitas tambahan, fasilitas yang dimaksud, antara lain, adalah tempat duduk yang nyaman, dengan bahan sofa empuk, plus sandaran yang dapat diatur secara nyaman. Adanya pijakan kaki yang dapat menopang kaki secara nyaman. Bantal dan selimut yang langsung tersedia di atas tempat duduk, juga akan membuat kegiatan traveling jadi terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Salah satu tambahan lain yang ada di kabin eksekutif ini adalah, Anda akan mudah mengakses bantuan pramugara atau pramugari dalam memberikan layanan khusus makan.    

Harga tiket yang beragam
Mengingat kelas yang ditawarkan oleh layanan kereta api ini cukup beragam, yaitu kelas ekonomi dan eksekutif. Tentunya hal ini akan berimbas pada harga tiket yang ditawarkan oleh PT. KAi itu sendiri. Kisaran harga terendahnya adalah sekitar 200 ribuan rupiah, sedangkan kisaran harga termahalnya adalah sekitar 350 ribuan rupiah. Jadi dalam hal ini, Anda sebagai penumpang, dapat memilih salah satu layanan kelas yang ada. Yang perlu diingat, posisi tempat duduk dan juga tanggal pemesanan tiket, turut mempengaruhi harga tiket kereta itu sendiri. 

Mudah memesan tiket 
Saat ini sangat mudah untuk memperoleh tiket kereta api Lodaya. Selain dapat membelinya di loket resmi, Anda juga dapat membeli atau memesannya di salah satu aplikasi booking tiket online. membeli tiket secara online ini memang terbukti sangat praktis. Anda hanya perlu memasukkan beberapa data tertentu, maka tiket dapat langsung diperoleh. Tidak hanya itu, layanan sistem pembayarannya juga terbilang sangat praktis dan juga beragam. Anda dapat memilih sistem pembayaran yang dianggap tepat, dan dapat dilakukan. 

Posting Komentar

0 Komentar