5 Komponen Motor yang Memerlukan Perawatan Rutin agar Tidak Cepat Rusak

Dengan mempunyai sepeda motor sendiri tentunya menjadi suatu hal yang menyenangkan. Apalagi dengan sepeda motor sendiri kita bisa bepergian jarak jauh dengan cepat dan efisien. Tapi pernahkah kamu mengalami mogok di tengah jalan? Atau motor kamu merasa tidak nyaman saat mengendarainya? Nah, Hal ini diakibatkan karena suku cadang yang tidak terawat dan jarang dibersihkan.

Untuk itu, kamu harus selalu mengeceknya selalu rutin agar mesinnya awet dan tidak cepat rusak. Lantas, apa saja sih yang harus diperhatikan dalam kendaraan bermotor? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Busi

Busi Motor

Ini dia suku cadang motor yang sering mengalami masalah. Biasanya, ketika motor kamu mati di tengah jalan dan akan dibawa ke bengkel, pasti benda ini dulu yang akan di cek oleh montir. Selain memang usainya yang pendek, busi juga bisa mati ketika terkena cairan. Cairan ini biasanya berupa air yang menyelip di dalam rongga busi yang berasal dari oli mesin dan naik ke ruang pembakaran. 

Tidak hanya itu, salah dalam penggunaan tipe busi umumnya juga menjadi masalah untuk mesin. Nah, bagi kamu yang tidak mau businya cepat rusak, gunakanlah tipe busi yang sesuai dengan mesin motor kamu.

Noken AS
 
Sumber: Shopee.co.id

Noken as berfungsi sebagai mengatur durasi buka tutup klep untuk menampung bahan bakar serta udara yang akan masuk ke mesin. Saat benda ini rusak pastinya tidak akan mendapatkan tenaga karena sudah tidak ada lagi benda untuk mengatur buka tutup klep yang akan memasok bahan bakar. Untuk menjaga agar noken as motor menjadi awet kamu membutuhkan perawatan yang cukup dan selalu memperhatikan pergantian oli. Kenapa? Karena oli berperan sangat penting untuk melumasi semua suku cadang yang ada didalam mesin. 

Kampas Rem

Kampas Rem
Sumber: Harga Motor

Part ini memang sering selalu rusak alias haus, karena baik di sistem cakram atau tromol kampas rem juga memiliki usia yang pendek. Cepat atau lambat, bagian ini sering terjadi karena banyak hal yaitu, seperti rem terlalu kencang, serta stop to go membuat suku cadang ini berumur jauh lebih singkat dari biasanya. Tidak hanya itu, posisi disk yang speleng atau tidak rata juga membuat suku cadang ini haus sebelah. 

Bagi kamu yang ingin memperpanjang usianya cukup gunakan kampas rem yang berkualitas atau asli. Lalu rajinlah mengecek rem pastikan jangan terlalu kencang atau kendor.

Aki
 
Aki Motor
Sumber: Harga Motor

Aki bisa mengalami tekor atau habis biasanya  sering terjadi di kalangan kendaraan bermotor. Hal ini terjadi ketika motor kita tidak pernah di cek airnya atau motor kita terlalu kelebihan beban tenaga listrik. Nah, kalau kamu mau aki motor tidak mengalami tekor, caranya gampang banget! Cukup mengurangi beban listrik supaya aki tidak terlalu tekor atau mengubah kelistrikan motor kamu menjadi system fullwave supaya pengisian aki akan menjadi lebih besar.

Ban

Ban Motor
Sumber: Harga Motor


Benda ini merupakan suku cadang yang paling sering rusak, bocor, atau cepat kempes. Nah, biasanya itu semua diakibatkan oleh leher roda yang miring, sehingga posisi ban sudah tidak lagi center. Cobalah untuk selalu sering mengecek bagian ban kamu agar tidak miring. Lalu perhatikan batas beban yang bisa diangkut motor, perhatikan juga ukuran ban luar dan ban dalam agar seimbang. Apabila kamu menggunakan ban ukuran 3.00, maka tidak dianjurkan untuk menggunakan ban dalam ukuran 2.00.

Itulah 5 komponen kendaraan yang selalu memerlukan perawatan khusus agar perjalananmu tidak mengalami kendala secara tiba-tiba. Semoga Artikel ini bisa membuat kamu lebih paham untuk mengenai komponen kendaraan bermotor, ya! 

Lihat juga postingan otomotif lainnya tentang Mobil di sini.

Posting Komentar

0 Komentar