Berbagai Jenis Susu yang Cocok untuk Anak

Susu penting dikonsusmsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Pada bayi, kebutuhan nutrisi dilengkapi melalui pemberian ASI (Air Susu Ibu). ASI biasanya diberikan sampai usia 2 tahun, dan setelah berhenti memberikan Asi eksklusif, Anda bisa menggantinya dengan memberi susu formula. Namun, kebanyakan orang masih bingung memilih susu formula yang bagus untuk anak 3 tahun ke atas. 

Morinaga

Saat memilih susu formula, Anda harus mengecek kandungan nutrisinya agar dapat membantu anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Morinaga memproduksi aneka susu formula untuk anak usia 0-12 tahun dan telah memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk meningkatkan kecerdasan multitalenta dan daya tahan tubuh anak.

Selain memilih susu dengan kandungan nutrisi yang lengkap, Anda juga harus mengetahui berbagai jenis susu yang sering dijual saat ini. Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis susu formula, sehingga dapat menentukan jenis susu formula apa yang sesuai untuk anak.

Jenis susu


Saat ini ada 3 jenis susu yang biasanya dijual dipasaran, yaitu susu formula, susu UHT, dan susu pasteurisasi. Agar mengetahui perbedaan dari 3 jenis susu tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Susu Formula
Susu formula dikenal dengan baby formula karena sering diberikan pada anak-anak sebagai pendamping Asi. Pada usia 3 tahun, anak biasanya sudah tidak diberikan Asi, sehingga Anda harus mencari susu formula yang bagus untuk anak 3 tahun ke atas. Susu formula biasanya dibuat dari bahan dasar susu sapi, tetapi saat ini tersedia susu formula soya yang dikhususkan untuk anak yang alergi susu sapi. 

Susu formula biasanya memiliki berbagai kandungan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang anak agar optimal. Susu formula Morinaga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk menunjang kecerdasan multitalenta dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Saat ini terdapat dua jenis susu formula, yaitu susu formula bubuk dan cair. Namun, susu formula bubuk lebih sering dipilih, karena memiliki harga yang lebih terjangkau.

Susu UHT
Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan jenis susu yang mengalami proses pemanasan untuk menghilangkan bakteri. Proses pemanasan dilakukan pada suhu 138 derajat celcius selama kurang dari 2 detik. Hal ini akan membuat susu steril dan tahan lama. Anda tidak perlu khawatir nutrisi susu akan hilang, karena proses pemanasan hanya akan menurunkan sedikit kandungan nutrisi.

Susu Pasteurisasi
Sama seperti susu UHT, susu pasteurisasi juga dilakukan proses pemanasan, tetapi dilakukan pada suhu 72 derajat celcius selama 15 detik. Susu ini dikemas dalam kondisi bersih, tetapi tidak steril, sehingga beberapa bakteri masih hidup. Namun, bakteri yang terdapat pada susu ini jumlahnya hanya sedikit dan tidak berbahaya.

Jenis susu formula

Saat memilih susu formula yang bagus untuk anak 3 tahun ke atas, Anda harus memilih jenis susu formula yang tepat. Saat ini ada beberapa jenis susu formula yaitu, susu formula sapi, susu formula soya, susu hidrosilat, susu untuk bayi prematur, dan susu bebas laktosa.

Susu formula sapi merupakan jenis susu formula yang paling mudah ditemukan. Susu ini mengandung protein susu sapi, karbohidrat, dan lemak susu sapi yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Sedangkan susu formula soya dan susu formula bebas laktosa merupakan susu formula yang dikhususkan untuk anak yang memiliki alergi susu sapi. Susu formula soya mengandung protein nabati, sedangkan pada susu formula bebas laktosa, laktosa akan diganti jenis laktosa lainnya sehingga dapat menghindari risiko alergi.

Posting Komentar

0 Komentar