Trik Rumah Dingin Tanpa Memakai AC

Rumah Dingin Tanpa AC

Cuaca mulai semakin panas di Indonesia. Ketika suhu naik, penggunaan AC atau pendingin ruangan adalah cara terbaik untuk membuat rumah tetap sejuk sehingga Anda tetap tenang di dalam rumah.

Pendingin ruangan memang menawarkan godaan yang sangat besar sangat musim panas, tapi penggunaan AC malah menyebabkan musim panas menjadi lebih panas.
Rumah bisa tetap sejuk tanpa AC lho, ini dia caranya meski di bulan Ramadan!

Kipas
Jika Anda mencari cara untuk "mengalahkan" panas, kipas langit-langit dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah Anda.

Kipas dapat membuat ruangan terasa lebih dingin 6-7 derajat bahkan penggunaannya tak akan mengeluarkan biaya banyak seperti AC.

Kipas tidak akan menggunakan banyak energi, tetapi ketika sudah dinyalakan maka udara akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga rumah pun akan menjadi sejuk.

Tirai jendela nuansa putih
Pasang nuansa putih pada tirai jendela untuk memantulkan panas dari dalam rumah.

Tutup jendela dan tirai menghadap ke arah matahari (menghadap timur di pagi hari dan menghadap barat di siang hari) agar panas matahari tidka masuk ke dalam rumah dan dingin dari kipas menjadi lebih efektif.

Selalu ingat, bahwa cara terbaik untuk tetap merasa nyaman di rumah adalah menjaga panas tetap di berada di luar.

Tanaman hijau
Memasang tanaman adalah cara alami untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk.
Dengan adanya tanaman maka suhu siang hari bisa menjadi lebih sejuk sekitar 3 - 6 derajat.
Jangan letakan hanya di satu ruang saja, pasang tanaman di ruangan lain yang juga sering terkena sinar matahari.

Tata letak furnitur
Hindari meletakan furnitur yang dibuat dari batu, plester dan aspal di sisi selatan atau barat karena dapat meningkatkan suhu di sekitar rumah dan memancarkan panas ke dalam rumah setelah matahari terbenam.

Hindari warna gelap
Warna gelap menyerap panas lebih baik daripada warna terang. Jangan menggunakan warna gelap pada dinding rumah Anda agar dapat menurunkan suhu di dalam ruangan.

Posting Komentar

0 Komentar