Tips Masakan Praktis Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Tips Masakan Praktis Sahur dan Buka Puasa

Jika anda wanita sibuk yang tidak punya banyak waktu, tips pintar memasak praktis dan cepat ini bisa jadi solusinya.  Bagi Ibu rumah tangga, agak sedikit sulit menyiapkan hidangan sahur dan berbuka.

1. Siapkan Makanan Kering
Makanan kering sebaiknya selalu ada. Makanan ini bisa jadi penyelamat suguhan di kala berbuka dan sahur. Buat beberapa macam makanan kering diakhir minggu sehingga bisa disajikan untuk beberapa hari. Makanan kering yang paling praktis adalah, kering-keringan seperti kering tempe atau kering kentang. Dendeng juga pilihan yang tepat. Pilih dendeng yang rasanya netral, tidak terlalu manis dan tidak terlalu asin. Dendeng yang kelewat asin dan manis menimbulkan rasa haus.

2. Makanan Berbuka Lebih Banyak
Saat menyiapkan makanan berbuka, pilih salah satu lauk yang juga cocok untuk sahur. Buat dengan jumlah lebih hingga kita tinggal menghangatkannya saja di saat sahur. Dengan begitu, kita tinggal memasak satu atau dua macam lauk lagi saat sahur. Ingat, pisahkan dulu makanan buka yang ditunjukkan untuk sahur. Tujuannya agar makanan tidak dipanaskan berulang-ulang dan jadi asin rasanya. Rasa asin ini bisa menimbulkan rasa haus.

3. Siapkan Bumbu Jadi
Bumbu jadi bisa dibuat atau juga dibeli di pasaran. Jika dibuat sendiri, buat saja di akhir minggu saat tidak bekerja. Jika membeli di pasaran, pilih yang kandungan MSG nya lebih sedikit

4. Siapkan Bahan Dari Malam
Untuk sahur, ada baiknya beberapa langkah memasak sudah disiapkan dari malam. Misalnya, memotong sayuran. Atau membuat kaldu untuk soto atau sup.
Dengan begitu Anda tidak perlu bangun terlalu awal atau tidak perlu takut kesiangan bangun.

5. Hidangan Manis
Hidangan manis untuk berbuka bisa kita buat sendiri walaupun bekerja.
Caranya, siapkan bahan lebih dahulu sejak pagi atau minta seseorang menyiapkannya. Misalnya untuk membuat kolak, bahan-bahan sudah dalam keadaan terpotong. Gula merah sudah dilarutkan. Dengan begitu, waktu pulang kerja kita sudah tinggal merebusnya saja.

6. Buah Sudah Terkupas
Buah sangat penting untuk sahur lho. Cairan pada buah bisa menjaga tubuh tidak dehidrasi. Gula dalam buah juga bisa jadi asupan energi yang baik.

Siapakan buah sejak semalam. Kupas buah dan masukkan dalam wadah kedap udara.
Saat sahur, tinggal hidangkan sebagai buah segar atau bisa di jus untuk minuman segar. Tentu saja untuk buah-buah yang berubah warna begitu terpapar udara, seperti apel, tidak bisa dikupas atau dipotong-potong lebih dulu.

7. Memasak sekaligus
Kalau kita punya kompor bertungku banyak, masak beberapa sekaligus bukan masalah besar.
Kompor yang satu bisa untuk memanaskan nasi, yang lain untuk membuat soto, satunya lagi untuk menumis.

Bagaimana kalau kompor sedikit? Tetap bisa kok. Kala menanak nasi, kita bisa, sambil merebus sesuatu di dalam air kukusan.

Bisa juga Anda membuat botok sambil mengukus nasi. Caranya, tempatkan aron dalam pinggan. Sisa tempat untuk meletakkan botok, buntil, atau pepes.

Posting Komentar

0 Komentar