Bahaya Menggunakan Produk Body Lotion Abal-abal Tanpa Nomor BPOM

 

Lotion

Tidak dimungkiri jika saat ini banyak produk body lotion yang ada di pasaran. Adanya beragam produk tersebut memang secara langsung memberikan keleluasaan seseorang untuk membeli. Nah, sayangnya, diantara produk tersebut ada cukup banyak produk body lotion abal-abal yang tidak dilengkapi dengan nomor BPOM beredar cukup bebas.

Ya, produk body lotion abal-abal tersebut menawarkan kemampuan lotion untuk mencerahkan kulit dengan cepat dan harga yang cenderung murah. Tentu saja, dengan promosi muluk-muluk yang dilakukan, banyak orang yang terpengaruh dan akhirnya menggunakan produk tersebut.

Dalam hal ini, Anda perlu tahu bahwa penggunaan body lotion abal-abal yang tidak disertai nomor BPOM sebagai lembaga perlindungan produk tersebut adalah pilihan yang membahayakan. Tentu saja, bukan kulit mulus yang akan Anda dapatkan tetapi sebaliknya.

Bahaya Body Lotion Abal-abal

Sebagaimana disinggung di awal, penggunaan produk body lotion abal-abal hanya akan menyebabkan masalah yang cukup serius. Beberapa masalah dan bahaya yang ditimbulkan oleh produk abal-abal ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Kulit yang terasa terbakar

Seharusnya, setelah menggunakan body lotion, maka kulit akan terasa sejuk dan cenderung dingin. Hal tersebut disebabkan karena kandungan body lotion memiliki kemampuan untuk membuat kulit menjadi lebih rileks.

Namun, jika Anda menggunakan produk body lotion abal-abal, maka hal yang terjadi adalah sebaliknya. Kulit akan terasa panas dan cenderung terbakar. Apa yang menjadikan efek buruk tersebut terjadi?

Produk body lotion abal-abal dibuat dengan beragam bahan yang tidak direkomendasikan secara medis, salah satunya adalah merkuri. Bahan inilah yang akan membuat kulit terbakar dan nantinya bisa muncul bercak merah yang sangat mengganggu.

2) Terjadi iritasi

Tidak hanya rasa terbakar pada kulit yang terasa, penggunaan body lotion abal-abal juga akan mengakibatkan munculnya iritasi yang sangat serius pada kulit. Bahan-bahan berbahaya pada produk body lotion tersebut akan mengikis lapisan kulit bagian luar.

Nah, dampak iritasi yang lebih buruk nantinya akan terjadi pada seseorang yang cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif. Selain itu, jika iritasi pada kulit terus terjadi, maka kulit tubuh nantinya akan cenderung rentan oleh infeksi bakteri. Tentu saja, kondisi kulit pun akan semakin memburuk.

3) Kulit yang kering

Salah satu tujuan penggunaan body lotion adalah untuk mendapatkan kulit yang lembap dan bebas dari masalah kulit yang kering. Hanya saja, jika Anda menggunakan produk body lotion yang cenderung abal-abal, maka apa yang Anda dapatkan justru kulit yang lebih kering.

Efek samping dari produk body lotion abal-abal ini dikarenakan bahan yang digunakan pada produk tersebut akan menyerap air yang ada di lapisan kulit. Tentu saja, dengan penyerapan air tersebut hidrasi kulit akan cenderung menurun dan kulit Anda pun tidak hanya kering, tetapi juga kasar dan rawan iritasi.

4) Timbul bercak merah

Bahaya lain yang akan muncul dari penggunaan body lotion abal-abal, terutama dalam waktu yang lama adalah munculnya bercak merah. Bahkan, bercak merah yang muncul tidak hanya berupa bintik melainkan juga tanda seperti stretch mark. 

Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu. Anda akan menemukan kulit yang terlihat mengerikan. Bahkan, stretch mark bukan merupakan hal yang mudah dihilangkan.

Beberapa hal di atas adalah bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan produk body lotion abal-abal. Oleh karenanya, pastikan jika Anda menggunakan produk body lotion untuk perawatan yang dilakukan agar bahaya di atas tidak terjadi.

Posting Komentar

0 Komentar