Jangan Panik, Berikut Cara Atasi Demam Anak Saat Pandemi

Homecare24 Indo

Demam pada anak tidak jarang membuat Anda sebagai orang tua panik hingga mempersulit keadaan. Terlebih jika Anda menghadapinya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Pasalnya, demam merupakan salah satu dari sekian gejala yang menunjukkan bahwa seseorang terinfeksi virus corona. Namun demikian, sebelum salah persepsi, baiknya coba pastikan dulu dengan chat dokter mengenai Covid-19. Sampaikan apa saja yang dialami oleh anak Anda untuk mengetahui penanganan lebih lanjut mengenai demam si kecil.

Bila anak didiagnosa mengalami gejala Covid-19 maka akan lebih baik langsung dilarikan ke rumah sakit. Lain lagi bila ternyata hanya menderita demam biasa, Anda bisa langsung melakukan beberapa hal berikut agar demam cepat teratasi.

1. Buat Anak Senyaman Mungkin
Demam ditandai oleh meningkatnya suhu tubuh, maka dari itu anak akan berkeringat lebih banyak karena panas dari tubuh. Buat anak senyaman mungkin dengan mengenakan pakaian yang menyerap keringat. Perhatikan juga tinggi bantal agar anak tetap nyaman untuk bernafas walaupun dalam keadaan terlentang. 

2. Kompres Dahi Anak
Cara klasik ini ternyata memang ampuh untuk menyerap panas terutama di sekitar dahi. Kompres dahi anak secara berkala sambil memerhatikan perubahan suhu tubuhnya. Selain dikompres dengan cara manual, Anda juga bisa memanfaatkan kompres instan yang dijual di minimarket terdekat.

3. Hindari Cahaya Terlalu Terang
Umumnya seseorang yang sedang demam lebih sensitif dengan cahaya terutama lampu. Bukan tanpa sebab, cahaya berlebih justru bisa menambah pening di kepala. Buatlah kamar agar tidak terlalu terang, Anda bisa membuka jendela dan mematikan lampu atau melakukan penyesuaian lainnya. 

4. Beri Obat Paracetamol
Berilah obat paracetamol baik sirup maupun tablet pada anak agar kondisi tubuhnya cepat pulih.  Kandungan pada obat ini mampu meredam panas sekaligus rasa nyeri yang dirasakan anak. Dengan begitu anak bisa tidur dengan nyenyak begitu pun dengan suhu tubuhnya yang cepat menurun.

5. Perhatikan Asupan Cairan dan Makanannya
Lumrah bila anak yang sedang sakit sulit untuk menerima asupan baik dalam bentuk cairan maupun makanan. Namun bagaimanapun Anda harus bisa mengakalinya agar kondisi tidak memburuk. Tetap jaga asupan anak dengan sering-sering menawarkan minum sambil menyuapinya makanan.

Jangan langsung panik bila anak tiba-tiba terkena demam. Anda bisa melakukan 5 tips di atas sebagai langkah awal penanganan demam pada anak. Bila tidak kunjung membaik segera panggil dokter atau segera bawa anak ke rumah sakit terdekat.

Posting Komentar

0 Komentar