Mengenal Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya

Asuransi Perjalanan

Bagi Anda yang sering bepergian atau melakukan perjalanan ke luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri, memiliki asuransi perjalanan online sangatlah dianjurkan. Sebab asuransi yang satu ini menyediakan perlindungan selama Anda berada di perjalanan. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi perjalanan yang pastinya bisa memberi proteksi atas hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari memiliki asuransi perjalanan? Berikut detailnya:

Tanggungan Biaya Medis
Sakit dan kecelakaan bukanlah sesuatu yang bisa Anda prediksi. Tentu saja Anda tidak ingin mengalami peristiwa yang mengharuskan Anda mendapatkan penanganan medis selama bepergian. Jangankan di negara orang, saat Anda melakukan perjalanan domestik pun hal ini pasti ingin Anda hindari. Tapi, jika kondisi ini menimpa Anda, asuransi dapat meringankan pengeluaran Anda karena adanya pertanggungan dari asuransi untuk perawatan medis yang Anda terima selama hal tersebut tercantum dalam polis.

Sumbangan Kematian
Jika terjadi sesuatu pada Anda saat perjalanan—seperti kematian, pihak asuransi akan memberikan dana pertanggungan pada ahli waris yang tercatat dalam polis asuransi Anda. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda para kepala keluarga yang sering bepergian atas alasan pekerjaan. 

Kompensasi
Penundaan (delay) dan pembatalan perjalanan merupakan salah satu risiko yang mungkin terjadi. Asuransi perjalanan memberikan kompensasi kepada Anda jika hal-hal ini terjadi. Jenis dan besaran kompensasi tentu berbeda, ada yang memberikan refund, penyediaan hotel sebagai tempat menunggu penerbangan selanjutnya, dan lain sebagainya. Hanya saja, setidaknya Anda sudah terproteksi jika sewaktu-waktu hal ini terjadi secara mendadak.

Ganti Rugi Bagasi Rusak atau Hilang
Selain penundaan dan pembatalan perjalanan, bagasi yang rusak atau hilang juga kerap terjadi di bandara. Tak hanya merepotkan, hal ini juga bisa merugikan Anda sebagai konsumen karena barang-barang yang disimpan dalam bagasi cukup berharga. Nah, jika Anda menggunakan asuransi perjalanan, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi atas kerusakan hingga kehilangan bagasi yang diakibatkan oleh staf maskapai atau bandara, stasiun, maupun pihak-pihak terkait dalam perjalanan Anda.

Menanggung Kerugian karena Peristiwa Tak Terduga Lainnya
Meskipun kemungkinan terjadinya peristiwa ini sangat kecil, tetap tak bisa dipungkiri bahwa bencana alam dan aksi terorisme bisa saja terjadi. Jika peristiwa force majeure ini terjadi, Anda pun tak perlu khawatir sebab asuransi perjalanan akan memberikan proteksi dan penggantian atas kerugian yang timbul.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat jika Anda melengkapi diri dengan asuransi perjalanan. Semoga membantu, ya!

Posting Komentar

0 Komentar