Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

makanan yang mengandung protein

Salah satu jenis nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh adalah protein. Protein berfungsi untuk meregenerasi dan memproduksi sel. Sehingga asupan protein menjadi penting untuk dilengkapi khususnya pada masa pertumbuhan anak-anak dan juga bagi orang dewasa. Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi asam amino. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh, setiap orang memerlukan asupan asam amino dalam jumlah besar.

Berdasarkan pada tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), standar angka kecukupan protein untuk masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun adalah sekitar 56 – 59 gram/hari untuk perempuan. Sedangkan bagi pria berkisar 62 – 66 gram/hari. Sumber protein bisa didapatkan pada makanan-makanan berikut :

1. Telur
Telur merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Telur juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, hingga antioksidan. Mengonsumsi putih telur juga lebih sehat karena mengandung protein murni tanpa lemak.

2. Daging
Daging-dagingan apaagi daging unggas termasu makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 100 gram, daging ayam mengandung protein sebanyak 18,2 gram. Kemudian pada daging bebek mengandung protein sebesar 16 gram dan daging burung puyuh mengandung protein sebesar 25,6 gram.

3. Susu
Susu mengandung protein dalam jumlah berbeda tergantung jenisnya (nabati atau hewani). Susu kedelai (protein nabati) dalam per 100 gram mengandung protein sebanyak 3,5 gram. Susu yang dihasilkan dari hewani mengandung protein hewani dan biasanya mengandung protein yang lebih besar dalam 100 gram. Seperti misalnya susu kambing (4,3 gram) dan susu kerbau (6,3 gram). Susu sapi mengandung protein yang lebih sedikit daripada susu kedelai, yaitu 3,2 gram.

4. Ikan Tuna
Ikan tuna memiliki lemak dan kalori yang terbilang rendah sehingga sebagian besar yang terkandung di dalamnya adalah protein. Seperti ikan lainnya, dalam tuna mengandung nutrisi yang kaya akan lemak omega 3. Dalam satu ons tuna mengandung 30 gram protein dan 157 kalori.

5. Kacang-kacangan
Kacangan-kacangan termasuk ke dalam jenis protein nabati yang memiliki kandungan protein yang berbeda-beda tergantung jenis kacangnya. Kacang kedelai mengandung protein sebanyak 40,4 gram di dalam 100 gram. Kemudian kandungan protein dari produk turunan kacang seperti tempe dan tahu, dalam 100 gram secara berurutan terdapat protein sebanyak 20,8 gram dan 7,8 gram. Selain itu ada juga jenis kacang-kacangan lain yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Pada kacang hijau sendiri di dalam 100 gram pada kacang hijau terdapat protein sebesar 22,2 gram, kacang tanah sebesar 27,9 gram, kacang merah 11 gram, kacang arab 23,8 gram, dan kacang tolo 24,4 gram.

Posting Komentar

1 Komentar