Asuransi Kesehatan Komprehensif berbasis Syariah


Dalam dunia asuransi, terdapat dua jenis asuransi kesehatan yang saat ini berlaku, yakni asuransi konvensional dan asuransi syariah. Tidak hanya berbeda istilah saja, namun manfaat serta konsep yang diterapkan di dalamnya pun mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Untuk mengetahui lebih jelasnya simak ulasan berikut.   

asuransi kesehatan

Pengertian asuransi syariah
Berbeda dengan asuransi konvensional yang menggunakan konsep jual beli, maka asuransi syariah menerapkan prinsip tolong menolong antar sesama. Pola yang diterapkan pun menganut sistem risk sharing, yakni perusahaan serta nasabah saling bekerja sama untuk menanggung risiko yang mungkin terjadi.

Dalam asuransi berbasis syariah ini, dana yang dibayar setiap bulan merupakan hak dari peserta secara keseluruhan bukan milik perusahaan. Meski begitu, ketika ada salah satu pihak anggota yang mengalami musibah, maka dana tersebut akan diberikan terlebih dahulu sebagai bentuk pertolongan.
Sistem ini juga sangat menguntungkan bagi nasabah karena uang premi yang dibayar setiap bulan juga bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang yang tidak disadari keberadaannya. Jika dana belum terpakai, maka uang tersebut akan dialokasikan pada lembaga keuangan yang juga berbasis syariah serta menjalankan usaha dengan sistem bagi hasil.

Asuransi syariah ini juga mempekerjakan Dewan Pengawas Syariah yang bertugas untuk mengawasi dan memastikan uang yang keluar dan masuk harus sesuai dengan ajaran Islam. Biasanya,laporan keuangan yang dikelola bersifat terbuka dan bisa dilihat langsung oleh para nasabah yang ingin mengetahui pergerakan uang yang telah diinvestasikan.

Keuntungan asuransi syariah
Keuntungan pertama yang akan didapatkan oleh nasabah asuransi syariah adalah keterbukaan pengelolaan dana yang telah diinvestasikan. Dengan sifat laporan keuangan yang bersifat transparan, maka nasabah juga bisa ikut andil dalam mengontrol dan mengecek pergerakan uang yang dijalankan oleh perusahaan asuransi.

Dengan menganut prinsip dasar Islam, maka pengelolaan dana akan diawasi dengan ketat agar tidak menimbulkan riba, judi, atau ketidakjelasan dana. Karena sistem yang dieterapkan tolong menolong, maka nasabah bisa melindungi diri serta kondisi finansial dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip Islam.

Allisya Hospital and Surgical Care
Untuk mendapatkan jenis asuransi kesehatan yang baik dan berkualitas, Anda bisa mengandalkan Allisya Hospital and Surgical Care, salah satu produk asuransi dari Allianz yang  menawarkan jenis asuransi reimbursement ataupun cashless.

Rencana pengobatan pun tersedia dalam 10 pilihan plan yang berbeda, jadi Anda bisa merencanakan sendiri jenis pengobatan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan.

Anda pun tak perlu khawatir akan adanya batas maksimum klaim per tahun yang mungkin diberlakukan karena Allisya Hospital and Surgical Care tidak memberlakukan aturan tersebut untuk rawat inap. Jadi, Anda bisa melakukan klaim sewaktu-waktu tanpa khawatir tidak bisa mengklaim hak Anda pada pihak asuransi.

Bagi Anda yang menderita penyakit kronis seperti kanker, maka akan ada perawatan tambahan yang bisa didapatkan seperti perawatan fisioterapi serta dialysis yang wajib dijalankan. Jika Anda tidak ingin menjalankan perawatan di rumah sakit pun, Anda tetap bisa menjalankan perawatan dari rumah dan mendapatkan manfaat spesial yang diatur dalam polis.

Dengan basis perusahaan yang mendunia, maka perlindungan asuransi kesehatan yang akan Anda peroleh bisa didapat di seluruh dunia. Jaringan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia pun siap menjadi tempat berobat Anda. Di samping itu, Anda akan dibebaskan dari mandatory top-up yang akan semakin membuat Anda nyaman dan terlindungi.

Posting Komentar

0 Komentar