5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Angpao

Angpao
Sumber : tahunbaruimlek.com
Ketika perayaan tahun baru China atau lebih dikenal dengan tahun baru Imlek akan tiba, kebahagian yang dirasakan oleh masyarakat Tionghoa pun sudah mulai terasa untuk menyambut kedatangannya. Tahun baru Imlek ini selalu dikaitkan dengan adanya angpao. Angpao merupakan sebuah amplop merah yang berisi bingkisan sejumlah uang untuk menyambut datangnya tahun baru Imlek maupun perayaan lainnya. Angpao dalam bahasa Mandarin sendiri disebut dengan hong bao. Hong bao pada dasarnya adalah perkembangan tradisi untuk mengusir setan dan raksasa nian agar tidak mengganggu anak mereka. Maka dari itu tradisi untuk memberikan angpao ini sudah dianggap seperti bagian dari kehidupan oleh masyarakat Tionghoa.

Selain itu juga angpao memiliki fakta-fakta unik. Apa saja fakta unik dari angpao? Pasti kamu penasaran kan?

Oke, langsung saja kami akan membahas beberapa fakta unik dari angpao.

1. Angpao mempunyai makna yang mendalam

 
Amplop Angpao
Sumber : balistationary.com
Angpao yang diberikan ketika perayaan tahun baru Imlek juga memiliki makna. Makna dari pemberian sebuah angpao sendiri merupakan bentuk keberuntungan bagi umat manusia. Keberuntungan yang dimaksud tidak hanya datang dari orang yang menerima angpao tetapi keberuntungan akan datang juga kepada pemberi angpao. Sebab itu angpao telah menjadi simbolis kepedulian sesama manusia dan juga menjadi bentuk saling mengasihi sesama lain.

2. Ketika memberikan angpao tidak bisa sembarangan 

 
Angpao
Sumber : grid.id.com
Walaupun angpao merupakan tradisi China, tetapi kamu ingin juga memberikan angpao kepada pegawai ataupun teman. Sedangkan kamu sendiri bukan dari keturunan Tionghoa, apakah boleh? Hal tersebut diperbolehkan asal mengikuti peraturan ketika ingin memberikan angpao. Aturan pertama yang harus kamu lakukan adalah angpao selalu diberikan dari orang tua untuk orang yang lebih muda darinya dan tidak pernah ada dalam pembagian amplop orang muda memberikan kepada orang tua. 

Untuk pekerja atau staf akan mendapatkan angpao dari "Hong Baos" yang berarti bos atau majikan. Bagi orang yang sudah menikah dianjurkan untuk memberikan angpao kepada orang yang belum menikah. Tetapi jika orang tersebut berusia 40 tahun dan juga belum memiliki pasangan hidup atau menikah, maka diharuskan bagi orang tersebut untuk memberikan angpao karena telah dianggap dewasa. Angpao bukan hanya sebagai pemberian semata kepada seseorang tetapi angpao juga memiliki sisi lain seperti menjadi simbol tanggung jawab terhadap sesama.

3. Memiliki tata cara khusus ketika ingin memberikan angpao


Sumber : youtube.com
Tahun baru China biasanya berlangsung selama 14 hari dalam perayaannya. Oleh sebab itu selama perayaan merupakan waktu terbaik untuk memberikan angpao. Kebanyakan amplop angpao diberikan tanda tangan dan kesan dari orang yang memberi, hal tersebut supaya si pemberi dan yang menerima semakin akrab. Ketika ingin memberikan angpao kepada seseorang lebih baik diberikan langsung jangan sampai dititipkan. Nah jika ingin memberikan angpao ke bayi lebih baik si bayi tetap memegang angpao tersebut ketika diberikan. Karena dapat dipercaya keberuntungan akan langsung sampai kepada pemberi dan penerima.

Kita dilarang untuk memberikan angpao dengan jumlah 4. Karena menurut bahasa Mandarin angka 4 memiliki arti kematian. Pastikan jumlah uang yang kamu berikan berakhir di angka 8. Karena angka 8 memiliki arti keberuntungan menurut bahasa Mandarin.

4. Jumlah uang pada angpao yang tidak boleh sembarangan

Duit Angpao
Sumber : inet.com

Ketika kamu ingin memberikan angpao kepada seseorang, alangkah baiknya kamu mengetahui berapa jumlah uang yang harus diberikan dalam angpao. Karena angpao memiliki aturan khusus untuk jumlahnya. Bagi anak-anak jumlah uang angpao biasanya sebesar USD 2 atau paling tidak Rp 17.000. Untuk teman dekat jumlah uang angpao sebesar USD 10-20 atau paling tidak Rp 250.000. Sedangkan untuk pegawai maupun asisten rumah tangga berikanlah uang angpao sejumlah dengan satu bulan gaji mereka.

5. Warna amplop angpao yang selalu berwarna merah
Sumber : Shopee.co.id
Warna merah bagi masyarakat Tionghoa memiliki arti keberuntungan. Sehingga warna merah menjadi syarat yang diwajibkan untuk amplop angpao. Selain warna amplop, gambar yang harus ada pada amplop angpao sendiri tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan shio tahun atau zodiak masyarakat Tionghoa, contohnya saja jika tahun ini merupakan tahun baru monyet maka motif gambar di amplop angpao menggunakan gambar monyet dan hingga tahun yang akan datang sesuai dengan shionya.

Itulah beberapa hal unik dan yang harus diperhatikan jika ingin memberikan angpao.

Posting Komentar

0 Komentar