Tips Agar Lamaran Lowongan Kerja Bandung Cepat Diproses

 

Lowongan Kerja Bandung

Kota-kota besar di Indonesia selalu menjadi langganan para anak muda yang hendak meraih kesuksesan dalam berkarir. Tidak terkecuali dengan kota kembang atau Bandung. Di Bandung saat ini sudah banyak perusahaan serta industri yang mulai berkembang. 

Oleh karenanya, para anak muda yang kebanyakan masih fresh graduate, berbondong-bondong datang ke Bandung untuk mencari lowongan pekerjaan. 

Maka jangan heran jika persaingan kerja di Bandung bisa dikatakan sangat ketat dan kompetitif.

 Persaingan ketat semakin didukung dengan fakta bahwa adanya ketidakimbangan perbandingan antara lowongan kerja dengan pelamar atau calon kandidat. Simplenya, jumlah pelamar kerja terlalu banyak untuk lowongan kerja yang hanya sedikit. 

Oleh karena itu, untuk bisa tembus ketika melamar lowongan kerja Bandung, Anda harus memiliki strategi khusus. 

Berbicara tentang strategi khusus ketika ingin melamar lowongan kerja Bandung, di bawah ini ada beberapa tips agar lamaran kerja Anda cepat diproses dan nantinya bisa diterima perusahaan. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya:

Cantumkan Keahlian yang Sesuai

Ketika Anda mengirimkan lamaran lowongan kerja Bandung, tentu Anda sudah membaca dan mengetahui posisi yang Anda lamar tersebut. 

Ketika sudah tau posisi dan jobdesknya seperti apa, maka Anda bisa untuk membekali diri sendiri dengan keahlian yang sesuai dengan posisi tersebut dan nantinya bisa Anda cantumkan di surat lamaran ataupun CV. 

Dengan adanya keahlian yang dikuasai dan relevan, pasti perusahaan akan menganggap diri Anda layak dan berpeluang besar dipertimbangkan untuk diterima kerja.

Buatlah Surat Lamaran yang Menarik

Tips berikutnya agar Anda bisa berpeluang lolos saat mendaftar lowongan kerja Bandung, yakni membuat surat lamaran yang menarik. 

Peranan surat lamaran sangat penting untuk menentukan perjalanan karir Anda kedepannya, hal tersebut dikarenakan surat lamaran menjadi muka pertama Anda yang bisa mencuri perhatian dari HRD. 

Jika masih bingung, Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang bagaimana contoh surat lamaran yang menarik di banyak sumber. 

Yang pasti, dalam membuat surat lamaran, pastikan Anda menggunakan bahasa formal yang tentunya sopan dan tidak bertele-tele alias to the point. Pastikan juga di dalam surat lamaran Anda tidak ada kesalahan dalam penulisan (typo). Anda juga bisa menyertakan portofolio dari tugas-tugas Anda yang dulu, untuk portofolio sifatnya opsional dan berlaku bagi pelamar yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Jadikan Media Sosial Sebagai Portofolio

Seperti yang dibahas sebelumnya, portofolio bersifat opsional dan biasanya disertakan oleh pelamar yang sudah mempunyai pengalaman sebelumnya, entah itu dari magang, kerja, ataupu  pelatihan khusus. 

Namun, jika Anda adalah seorang fresh graduate dan memang punya portofolio tertentu, misalnya contoh poster atau tulisan, Anda bisa menyertakan portofolio tersebut. Selain dikirim bersamaan dengan surat lamaran, portofolio juga bisa diunggah di media sosial Anda. 

Contohnya membuat website atau blog yang isinya tentang karya-karya Anda, atau penggunaan instagram untuk memposting poster, rancangan desain, dan lain sebagainya.

Memperluas Jaringan

Tips yang keempat agar lamaran lowongan kerja Bandung Anda bisa segera diproses yakni memperluas jaringan. 

Memperluas jaringan bisa dilakukan dengan memperbanyak relasi, terutama di kantor atau perusahaan yang Anda tuju. Anda bisa melakukan pertemanan dengan HRD terlebih dahulu di situs pencari kerja. 

Memperluas jaringan, juga berguna agar Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari pihak-pihak yang berhubungan dengan kantor tempat Anda melamar pekerjaan.

Posting Komentar

0 Komentar