Mengenal Cloud Computing dan Hosting Pada Internet

 

Cloud Service


Penggunaan cloud computing semakin marak digunakan beberapa tahun terakhir, khususnya setelah pandemi menuntut model kerja WFH. Penggunaan cloud computing dilatarbelakangi dengan sistem komputasi berbasis internet yang dinilai lebih mudah dan lebih menguntungkan.

Definisi cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Definisi lain cloud computing adalah cara penggunaan sumber daya komputer berdasarkan bisnis model sewa atau bayar sesuai dengan pemakaian, tanpa pengelolaan aktif langsung oleh pengguna. Secara teknologi, cloud computing memanfaatkan kumpulan komputer-komputer besar yang terpusat di data center dan dioperasikan oleh perusahaan. Sumber daya ini diakses melalui jaringan internet dan dipergunakan untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data.

Salah satu perusahaan penyedia cloud service adalah neuCentrIX. Layanan Cloud neuCentrIX (neuCloud) menawarkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, hingga berbagai penyesuaian.

Cloud computing dirancang dalam rangka pembuatan kerangka kerja komputasi secara online lokal (LAN) maupun global (internet), di mana terdapat beragam aplikasi maupun data dan media penyimpanan yang dapat diakses dan digunakan secara berbagi (shared service) dan bersamaan (simultaneous access) oleh para pengguna yang beragam—mulai dari perseorangan sampai kepada kelas pengguna korporasi atau perusahaan.

Sama halnya seperti komputer, Cloud Computing juga memiliki konsep tiga lapisan komputasi meski secara teknis kontennya berbeda. Dalam Komputasi Awan, komponen infrastruktur berupa server, media penyimpanan, dan bandwidth yang disediakan oleh provider. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses sumber daya seolah-olah diinstal di tempatnya. 

Selanjutnya yang tidak asing dan masih berkaitan dengan cloud computing adalah istilah hosting. Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. File website yang tersimpan di dalam hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data). Saat anda menggunakan jaringan internet dan akan mengakses sebuah situs, maka hal yang pertama anda lakukan adalah menuliskan nama domain atau kata kunci tertentu pada halaman mesin pencari seperti Google.

Hosting memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat anda manfaatkan terkait dengan pengembangan website untuk kebutuhan personal maupun company atau perusahaan.


Posting Komentar

0 Komentar