Inilah 5 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

 

Beli Apartemen


Di zaman sekarang, banyak generasi muda menjunjung tinggi gaya hidup sehingga memilih membeli apartemen karena dipercaya lebih murah dibandingkan membeli rumah. Unit apartemen yang dipilih juga bisa menyesuaikan kebutuhan. Biasanya tipe apartemen memiliki banyak macam, seperti studio, 1 kamar, 2 kamar, dan sebagainya. Pada umumnya, apartemen juga mempunyai banyak fasilitas seperti gym, kolam renang, jogging track, hingga tempat penitipan anak. Nah, untuk membeli apartemen jangan sampai sembarangan, ya. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan seperti mencari lokasi strategis, memperhatikan izin dan legalitas bangunan apartemen, hingga anjuran untuk memiliki asuransi kebakaran apartemen. Berikut beberapa tips untuk membeli apartemen:


1. Memilih jasa agen properti yang mumpuni. Bagi Anda yang belum paham betul tentang urusan jual-beli apartemen dan tidak mau ribet, sebaiknya Anda menggunakan jasa agen properti. Carilah agen properti yang terpercaya sehingga tidak akan merepotkan Anda ketika membeli apartemen. Jika Anda menggunakan jasa ini, segala hal terkait jual-beli apartemen seperti mencari lokasi, unit terbaik, negosiasi harga, hingga mengurus surat-menyurat akan dilakukan semuanya oleh agen properti. 


2. Memilih lokasi strategis. Sebaiknya Anda memilih apartemen yang dekat dengan kantor Anda sehingga mobilitas ke kantor lebih mudah. Jika Anda ternyata memutuskan memilih apartemen di daerah yang agak jauh dari kantor, Anda perlu memperhatikan jarak lokasi apartemen yang berdekatan dengan akses jalan tol dan transportasi publik, seperti stasiun kereta, halte bus, stasiun MRT dan lain-lain.


3. Cek izin dan legalitas bangunan. Agar Anda lebih yakin, Anda bisa cek kredibilitas developer dari izin dan legalitas apartemen tersebut. Pastikan pihak pengembang telah memiliki sertifikat HGB, IMB dan SIPPT dari pemerintah setempat. Tidak hanya apartemen baru, hal ini juga berlaku untuk Anda yang memiliki rencana untuk membeli unit apartemen bekas.


4. Memiliki asuransi. Sedia payung sebelum hujan, tidak ada salahnya menjamin unit apartemen Anda dengan memiliki asuransi. Asuransi akan menjamin jika terjadi kebakaran, banjir, gempa bumi, kerusuhan, terorisme, dan sabotase. Untuk memiliki asuransi ini Anda pastinya bisa bertanya secara langsung kepada pihak penyedia asuransi yang terpercaya.


5. Memastikan fasilitas pendukung yang didapat. Tahukah Anda bahwa fasilitas apartemen ada dua jenis? Fasilitas pertama adalah fasilitas pendukung dan kedua fasilitas umum. Fasilitas pendukung merupakan fasilitas yang tersedia di dalam apartemen, serta diperuntukkan bagi para penghuni saja. Perabotan yang ada di dalam unit juga termasuk fasilitas pendukung. Pastikan apa saja fasilitas yang Anda dapatkan, sehingga Anda juga tidak perlu repot membeli perabotan untuk keperluan sehari-hari. Untuk fasilitas umum, contohnya tempat gym, kolam renang, dan day care.

 

Itulah beberapa tips yang akan membantu Anda sebagai calon pembeli apartemen. Semoga bisa bermanfaat, ya!


Sumber:

https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-66854-13-tips-membeli-apartemen-id.html

https://www.99.co/blog/indonesia/alasan-orang-lebih-memilih-tinggal-di-apartemen/

https://www.99.co/id/panduan/tips-membeli-apartemen

Posting Komentar

0 Komentar