Alternatif Solusi Mobil Tidak Bisa di Starter yang Bisa Dicoba

 

Mobil tidak bisa distarter

Mobil yang tidak bisa di starter menjadi salah satu masalah yang cukup sering terjadi dan tentu saja hal ini akan sangat menyebalkan. Bayangkan saja ketika Anda harus cepat-cepat berangkat ke suatu acara namun tiba-tiba mobil tidak bisa di starter. Tentu, selain panik, Anda pasti juga akan emosi.

Nah, berbincang tentang masalah pada starter mobil yang tidak mau menyala, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Solusi ini tentu saja bisa menjadi alternatif yang dilakukan untuk menangani masalah mobil tersebut dengan tepat.

Adapun alternatif solusi untuk menangani masalah ini adalah sebagai berikut:

1) Cek pada fuel pump

Salah satu penyebab dari kenapa starter mobil tidak menyala adalah karena fuel pump yang bermasalah. Masalah ini tentu akan membuat aliran bahan bakar menjadi terhambat dan pembakaran tidak akan lancar.

Oleh karenanya, cobalah untuk melakukan cek pada fuel pump. Untuk pemeriksaan, Anda hanya perlu untuk melihat MID atau Multi Information Display yang ada di bagian layar mobil. Tunggu beberapa saat dan nantinya kondisi fuel pump akan terlihat dari check engine speedometer.

2) Cek kondisi busi

Bisa jadi, masalah mobil yang tidak bisa di starter disebabkan oleh masalah pada busi. Sebagaimana diketahui, busi adalah pemantik pembakaran. Jika busi bermasalah, maka pembakaran bahan bakar tidak akan terjadi.

Saat mobil Anda tidak bisa di starter, maka cobalah cek bagian busi. Pastikan jika busi masih mengeluarkan percikan api. Jika tidak, maka Anda sebaiknya melakukan penggantian. 

3) Cek pada aki

Aki juga sering menjadi biang masalah pada starter mobil. Dalam hal ini, jika mobil tidak bisa di starter, maka periksa kondisi aki. Pastikan jika kedua kutub aki bersih dan tidak terdapat kotoran yang mengganggu aliran listrik.

Selain itu, cek pula kondisi aki. Bisa jadi, aki kehilangan daya ataupun tidak memiliki cairan sehingga tidak bisa bekerja dengan optimal.

Beberapa solusi di atas bisa dijadikan langkah awal penanganan masalah mobil tidak bisa di starter. Namun, jika masalah tersebut terus berulang, maka segera lakukan penanganan yang lebih lanjut.


Posting Komentar

0 Komentar