Beginilah Cara Mencegah Diare dengan Sederhana

Mencegah Diare

Diare merupakan kondisi gangguan pencernaan yang banyak dialami oleh masyarakat di Indonesia. Diare dapat menyebabkan feses menjadi lebih cair dan buang air kecil dengan frekuensi lebih sering. Hal tersebut juga akan menyebabkan keluarnya cairan tubuh yang banyak, sehingga bisa membuat orang yang sedang diare mengalami dehidrasi. Oleh karena itulah walaupun merupakan penyakit yang tidak berbahaya, tetapi sebaiknya segera diatasi dengan cepat agar tidak menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang mengikutinya.

 

Cara mencegah diare sendiri dapat dilakukan dengan cara mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dimana penyebab diare bisa disebabkan karena infeksi maupun non infeksi. Sehingga dengan mengetahui hal tersebut akan membantu untuk mencegah diare lebih mudah. Adapun beberapa penyebab diare yang perlu diketahui adalah:


1. Penyebab pertama adalah karena mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Jenis ini merupakan penyebab diare yang paling sering dialami oleh penderitanya.

2. Penyebab selanjutnya adalah karena mengalami alergi terhadap makanan tertentu. Seperti alergi pada produk susu.

3. Diare yang disebabkan oleh efek samping mengkonsumsi obat tertentu seperti obat antibiotik.

4. Diare juga bisa juga disebabkan oleh keracunan makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri.

5. Mempunyai kondisi penyakit yang membuat mengalami diare lebih mudah.

 

Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa melakukan langkah pencegahan agar tidak mengalami diare. Anda bisa melakukan langkah pencegahan dari penyebab diare. Sehingga hal tersebut akan membuat seseorang dapat menghindari mengalami diare. Selain itu juga perlu untuk mencegah diare agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah seperti dehidrasi. Oleh karena itulah pastikan untuk mengatasi diare dengan segera yang dapat dilakukan agar tidak membuat komplikasi lebih parah.

 

Pencegahan agar tidak mengalami diare dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana yaitu dengan cara berikut ini:


1. Cara pertama adalah dapat memisahkan makanan yang mentah dan matang. Hal ini perlu dilakukan agar tidak membuat kontaminasi makanan yang akan dikonsumsi.

2. Selanjutnya bisa untuk menjaga kebersihan yaitu dengan mencuci tangan sebelum makan. Anda juga bisa memastikan peralatan makan yang digunakan terjaga kebersihannya.

3. Selanjutnya bisa untuk menjauhi makanan yang tidak bersih, sehingga jangan jajan sembarangan.

4. Pastikan juga tidak minum air keran dan konsumsi minuman yang sudah matang.

5. Simpan makanan di lemari es agar lebih terjaga kebersihannya.

6. Pilih bahan makanan yang masih segar.

7. Menjaga kebersihan kuku sehingga tidak mudah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri.

 

Hal di atas merupakan langkah untuk dapat mencegah kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan diare. Adapun cara yang dapat dilakukan juga sangat mudah yaitu dengan menjaga kebersihan terutama makanan yang akan dikonsumsi. Anda juga perlu untuk selalu mencuci makanan, mencuci tangan, dan peralatan makan terlebih dahulu sebelum akan mengkonsumsi sesuatu. Sedangkan untuk cara mencegah diare lainnya yang bisa dilakukan agar tidak menular pada anggota keluarga yang lain dapat melakukan hal berikut ini:

 

1. Pertama bagi yang tinggal satu rumah dengan menghindari handuk ataupun peralatan makan yang digunakan oleh penderita diare.

2. Selanjutnya bisa untuk membersihkan toilet yang digunakan dengan disenfektan.

3. Bisa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat.

4. Menjaga kebersihan dari dapur dan kamar mandi.

5. Jangan gunakan kolam renang yang sama dengan penderita diare setidaknya 2 minggu setelah diare berakhir untuk menghindari penularan.

Posting Komentar

0 Komentar