Ternyata Ini Arti Sebenarnya Dari kata Gong Xi Fa Cai

 

Arti Gong Xi Fa Cai

Sejatinya tahun baru imlek yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa memiliki keterkaitan dengan pesta untuk menyambut datangnya musim semi. Hal itu terbukti, yang mana perayaan tahun baru imlek akan dimulai pada tanggal 30 bulan 12 dan berakhir di tanggal 15 bulan pertama (Cap Go Meh).

Perayaan tahun baru imlek itu sendiri menjadi ritual doa kepada Thian (pencipta) dan Cap Go Meh. Tentu saja imlek merupakan hari besar bagi masyarakat Tionghoa maupun keturunan Tionghoa yang ada di seluruh dunia.

Untuk menghormati perayaan tahun baru imlek, biasanya sebagian besar masyarakat non-Tionghoa akan mengucapkan kata Gong Xi Fa Cai bagi yang merayakannya. Padahal, kata Gong Xi Fa Cai itu bukan berarti “selamat tahun baru imlek“ lho!

Nah, untuk mengetahui arti Gong Xi Fa Cai dan hal-hal lain yang bersangkutan dengan imlek, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Arti Kata Gong Xi Fa Cai

Istilah Gong Xi Fa Cai mulai banyak digunakan oleh masyarakat non-Tionghoa, untuk menghormati bagi yang merayakan tahun baru imlek. Namun pada kenyataannya, kata Gong Xi Fa Cai secara harfiah berarti “selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan”.

Itu sebabnya, mengapa pengucapan kata Gong Xi Fa Cai tidak menjadi representasi yang kuat dari semangat perayaan tahun baru imlek. Bahkan, ada sebagian yang percaya bahwa istilah Gong Xi Fa Cai lebih menjurus pada keuntungan materi dan bukan pada semangat kebersamaannya.

Menurut informasi yang didapat, masyarakat Tionghoa lebih suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le yang berarti “selamat tahun baru” sehingga cocok untuk perayaan tahun baru imlek. Selain Xin Nian Kuai Le, masih ada lagi istilah lainnya yang sering diucapkan saat perayaan tahun baru imlek seperti :

·         Guo nian hao : Selamat tahun baru

·         Xin chun kuai le : Selamat tahun baru (selamat musim semi)

·         Shen ti jian kang : Semoga sehat selalu

·         Sui sui ping an : Semoga dijauhkan dari malapetaka

·         Niu nian ru yi : Semoga di tahun kerbau, segala harapan dan impian terpenuhi

·         Niu nian da ji : Semoga tahun kerbau dilimpahi keberhasilan

·         Niu nian ji xiang : Semoga tahun kerbau memberi banyak keberuntungan

2. Simbol Barongsai

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa barongsai merupakan salah satu tradisi yang kerap hadir saat perayaan tahun baru imlek. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, barongsai menjadi simbol pembawa kesejahteraan.

Hal itu juga dibenarkan oleh para sejarawan asal Cina, yang menyebutkan bahwa tarian singa barongsai dapat mengusir pertanda buruk, sedangkan tarian naga barongsai akan menciptakan keberuntungan.

3. Arti Kata Imlek

Usut punya usut, ternyata istilah imlek juga memiliki makna yang sangat penting lho. Menurut informasi yang didapat, istilah imlek berasal dari kata im yang berarti “bulan“, sedangkan kata lek berarti “tanggal“ (dari dialek Hokkian atau Yu Li dalam bahasa Mandarin yang berarti lunar almanac / tahun baru lunar).

Berdasarkan sejarahnya, Sin Cia adalah perayaan yang sering dilakukan oleh para petani di Cina. Perayaan tersebut biasanya jatuh pada hari pertama bulan pertama dalam setahun. Pada waktu ini, maka semua suka cita akan didapat oleh semua golongan masyarakat Tionghoa.

Demikianlah ulasan singkat seputar seluk-beluk imlek, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Posting Komentar

0 Komentar