Tips Mencegah Ular Masuk Rumah

Tips Ular Tidak Masuk Rumah

Bagi sebagian orang, mendengar atau bahkan melihat ular membuat perasaan tidak nyaman, apalagi ketika seekor ular masuk rumah.

Bagaimana cara agar rumah kita tidak didatangi oleh ular liar dari luar dan apa yang harus dilakukan jika ada ular masuk rumah?

Untuk mencegah agar ular tidak masuk rumah, Anda sebaiknya menjaga kebersihan di dalam dan sekitar rumah.

"Pastikan rumah bersih dan minimalisasi barang-barang yang menumpuk karena ini bisa membuat kondisi lembap yang biasanya disukai ular liar," ujar Tyas, salah satu anggota komunitas Sioux Ular Indonesia, di sela acara Indonesia Community Day 2017 di Yogyakarta, Sabtu (13/5/2017).

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan menggunakan pewangi ruangan. Bau wewangian ruangan ini tidak disukai hewan melata tersebut sehingga ular keluar ruangan dengan sendirinya.

"Tutup pintu, kemudian setelah 10 menit buka pintunya lagi. Nantinya ular akan keluar dengan sendirinya karena bau dari pewangi ruangan," kata Tyas.

Sioux Ular Indonesia merupakan salah satu pengisi acara di Indonesia Community Day 2017, yang diselenggarakan atas kerja sama Kompasiana dan Tribun Jogja.

Acara ini digelar di Plaza Pasar Ngasem Yogyakarta dan menghadirkan 27 komunitas dari seluruh Indonesia.

Sioux Ular Indonesia aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dan semua jenjang pendidikan, baik mahasiswa, SMA, SMP, SD, hingga balita, terkait penanganan ular. Prinsipnya jangan membunuh ular dan jangan memakan ular.

"Banyak juga warga yang menghubungi kami ketika ada ular masuk ke rumah mereka. Kami datangi rumahnya untuk diambil ularnya. Itu adalah salah satu bagian dari kegiatan kami," ujar Tyas.

Posting Komentar

1 Komentar