Yuk Kenali SOP Satpam Untuk Pemeriksaan Barang Bawaan

SOP Satpam

Tugas utama dari seorang satpam adalah untuk menyelenggarakan keamanan serta ketertiban di daerah sekitarnya. Biasanya, anda akan melihat satpam siap siaga di post yang telah ditentukan, agar daerah yang mereka awasi memiliki keamanan yang baik. Tugas dari satpam sendiri, terdiri dari beberapa divisi, salah satunya adalah untuk memeriksa barang bawaan yang biasanya ditemukan di dekat kasir ataupun di mall. Yuk intip apa itu SOP satpam berikut.

SOP Menjadi Satpam Pemeriksa Barang Bawaan

1. Tugas Pokok Dari Seorang Satpam
Pernakah anda menyaradari adanya keberadaan satpam untuk memeriksa segala barang bawaan yang anda bawa ? Mereka melakukan hal tersebut bukan untuk mengganggu kenyamanan anda, jsutru demi keamanan dan keselamtaan anda sendiri. Ketika barang diperiksa, satpam akan menyaring dan menahan beberapa benda yang dirasa tidak diperbolehkan masuk ke dalam area tertentu.

Benda benda ini bisa saja ditahan lantaran dianggap bisa membahayakan orang lain. Apabila memasuki daerah tertentu, anda terkadang tidak diperbolehkan membawa beberapa barang, sebab mungkin saja dapat memicu adanya ledakan atau bahaya lainnya. Misalnya, ketika anda memasuki badara untuk melakukan perjalanan jauh, lalu anda membawa gunting tajam untuk membuka kue kesayangan anda. Gunting ini akan ditahan karena dianggap membahayakan penumpang.

2. Mengetahui Tujuan Pemeriksaan Barang
Seorang satpam pemeriksaan barang di bandara, tentu diharuskan mengetahui secara jelas. Fungsi satpam melakukan pemeriksaan sesuai dengan apa itu SOP, adalah untuk mengetahui barang apa saja yang diberbolehkan, dan barang apa saja yang dianggap berbahaya untuk dibawa. Apabila satpam pemeriksaan barang melewatkan barang tajam sekecil apapun, tentu saja berbahaya bagi penumpang lain. Tujuan dari pelaksaan ini adalah, memastikan segala barang bawaan penumpang tidak akan melukai dirinya sendiri maupun orang lain.

3. Meminta Izin Terlebih Dahulu Kepada Pemilik Barang
Sebagai seorang satpam pemeriksaan barang, memang ditugaskan untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya. Namun,bukan berarti dapat semena mena dengan orang lain untuk meminta mereka memberikan barang yang dimilikinya untuk dilakukan pemeriksaan. Hal ini juga tidak dibenarkan apabila melakukannya dengan nada menyuruh ataupun membentak. Ditambah dengan wajah galaknya,membuat orang semakin takut.

Sambutlah pengunjung dengan ramah dan tersenyum agar mereka  merasa nyaman. Kemudian, mintalah izin untuk melakukan pemeriksaan. Satpam juga bisa meminta merekalah yang membuka tas atau koper mereka. Apabila mereka menolak, berilah pengertian akan pentingnya pemeriksaan barang tersebut bagi dirinya sendiri dan orang lain. Apabila diizinkan, barulah mulai memeriksa keseluruhan barang yang dibawa sesuai apa itu SOP satpam.

4. Berikan Kenyamanan Pada Pemilik Barang
Semua orang pasti tidak senang ketika barang pribadinya disentuh oleh orang asing. Terutama ketika barang pribadi yang tengah dibawa, meliputi pakaian dalam ataupun alat mandi sekalipun. Untuk menjaga kenyamanan, satpam tidak harus menyentuh barang yang dibawa ketika ingin memeriksa barang bawaan pengunjung. Terutama saat ini, sudah ada teknologi canggih yang bisa digunakan untuk mendeteksi segala bentuk barang bawaan pengunjung.

5. Memiliki Wewenang Apabila Ada Barang Mencurigakan
Ketika memasuki tahap pemeriksaan dan ditemukan barang mencurigakan, satpam memiliki wewenang untuk meminta pemilik tas atau barang, untuk mengeluarkan barang yang dianggap mencurigakan tersebut. Menurut apa itu SOP, karyawan yang bertugas juga memiliki wewenang untuk membantu satpam mengeluarkan barang yang dimaksud apabila tidak bisa diminta secara baik. 

Walaupun pekerjaan ini sering diremehkan oleh orang lain, namun keberadaan satpam memiliki peran penting bagi masyarakat. Terutama untuk mereka yang berada di tempat umum seperti mall hingga bandara, dimana banyak orang berkumpul dengan tujuan yang berbeda pula. Ada baiknya, anda tidak membawa barang yang dianggap dapat membahayakan orang lain ke tempat umum, seperti membawa pisau atau gunting.

Posting Komentar

0 Komentar