Tips Memilih Laptop Gaming Sesuai Kebutuhan

ASUS x550iu
ASUS x550iu

Para gamer sepertinya semakin menjamur dimana-mana, bisa kita lihat di warnet yang menyediakan fasilitas game online tidak pernah sepi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ya, kebutuhan akan berbagai hiburan saat ini memang terus meningkat sehingga tidak heran banyak orang yang senang bermain game disela-sela waktunya. 

Untuk yang suka bermain game hanya sekedarnya saja, mungkin masih bisa memanfaatkan handphone, namun tidak bagi para gamer sejati. Layar ponsel terkadang tidak cukup membuat mereka puas dalam memainkan sebuah permainan, perlu layar serta performa kecepatan yang jauh lebih bagus daripada sekedar memainkan lewat Hp. Hal ini rupanya dapat dilihat oleh beberapa perusahaan didunia computer, sehingga akhirnya mereka mengeluarkan laptop khusus gaming yang diperuntukkan untuk memuaskan dahaga para gamer. Banyak akhirnya yang tertarik berpindah menggunakan laptop untuk bermain game, oleh sebab itu permintaan akan laptop gaming terus meningkat. 

Dalam memilih laptop gaming, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

Processor
Sebuah PC tidak akan ada artinya tanpa processor. Pada tubuh manusia, processor diibaratkan otak. Khusus untuk laptop gaming diperlukan processor yang tinggi untuk menunjang kinerjanya saat bermain game. Untuk kepuasaan saat bermain, setidaknya pilih laptop dengan processor HQ atau MQ dengan bekal minimal Intel  Core i5 atau Intel Core i7, pada processor AMD setidaknya A10 dan FX series seperti yang ada pada ASUS x550iu yang menggunakan processor AMD APU FX-9830P up to 3.7 GHz. Kecepatan kinerja laptop dapat diketahui dengan satuan angka GHz, semakin tinggi nilainya maka semakin cepat pula kerja laptop.
Graphic Card

Setelah mengetahui bagian dalam laptop, selanjutnya mengetahui bagaimana kualitas tampilan yang erat kaitannya dengan layar. Tentu tidak menarik jika saat bermain game, kualitas gambar jelek atau audio visual yang ditampilkan kurang wah! Pada laptop gaming, standar graphic card pada AMD minimal R7 230 atau R9 series, pilihan lainnya bisa Nvidia GTX Series seperti GTX950-GTX80.
Harddisk

Bagi gamer yang hobi koleksi berbagai macam game, tentu memerlukan ruang penyimpanan yang banyak. Oleh karenanya, perlu harddisk dengan kapasitas besar. Untuk itu setidaknya pilih yang memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB atau 1000 GB. Apalagi saat ini sebagian besar game canggih bermuatan banyak ketika diinstal pada laptop. 

Selain 3 hal diatas, tentu ada bagian lain yang harus diperhatikan dalam memilih laptop gaming seperti operasi sistem, resolusi layar, ketahanan batrai, desain, keyboard dan juga harga yang ditawarkan. Semakin banyak mengetahui informasi tentang spesifikasi maka semakin mudah pula dalam memilih laptop gaming sesuai kebutuhan. Ada banyak tipe laptop gaming yang sudah beredar di Indonesia seperti Asus x550iu , Lenovo IdeaPad Y700, Asus Seri ROG, MSI GT73VR, Acer Aspire E5-475G. Kamu bisa memilih salah satu diantaranya.

Posting Komentar

0 Komentar